wiars blog

publish usefull article

LightBlog

Breaking

Selasa, 13 Februari 2018

LUNTURNYA ETIKA, MORAL, SOPAN SANTUN GENERASI MUDA

Di era globalisasi yang semakin berkembang pesat dengan didasari kemajuan teknologi yang semakin pesat, mudahnya orang-orang untuk mengenyam suatu pendidikan baik secara formal maupun informal, transportasi yang semakin banyak seharusnya mampu mendobrak generasi penerus bangsa untuk menjadi sosok pribadi yang lebih baik dari intelek untuk menjadi benih-benih pemimpin negara kelak. Namun kenyataannya berbeda, semakin majunya suatu zaman atau katakanlah negara malah membuat dampak negatif lebih banya dari pada dampak positifnya. Kita lihat saja dari tahun ke tahun bagaimana kita melihat pergaulan anak-anak zaman sekarang?. Etika, moral, sopan santun, semuanya seakan mulai memudar dari kalangan anak-anak muda zaman sekarang. Dari cara berpakaian mereka, tutur bicara mereka, semuanya bahkan sama sekali tidak mengandung unsur etika, moral, sopan santun di dalamnya.

Semakin majunya zaman, bukan mengubah pemijkirn generasi-generasi muda menjadi lebih maju tapi malah sebaliknya, masih terlalu banyak pemikiran konyol, bodoh dan kekanak-kanakan di zaman maju ini.

Dulu orang tua selalu mengingatkan kepada anak-anaknya agar tidak terjerumus dalam sebuah pergulan bebas namun sayangnya "PERGAULAN BEBAS" zaman sekarang dianggap hal biasa bahkan sudah diaggap kebiasaan bagi kalangan anak muda zaman sekarang. Narkoba, miras, seks, tawuran dll. adalah teman sehari-hari bagi karangan remaja saat ini. Mungkin bukan hanya sekarang hal seperti itu, zaman dulu juga ada namun tidak seheboh dan seramai saat ini.

Contoh saja tawuran, semakin maraknya tawuran antara generasi muda yang berpendidikan belakang ini menjadi tontonan yang sangat menarik di panggung dunia pemberitaan. Ini menunjukan bahwa generasi penerus bangsa yang sedang menuntut ilmu telah menjadi predator yang sama-sama saling membunuh dan mempertahankan wilayah kekuasaannya, hal ini semakin marak terjadi apalagi dunia pendidikan yang berada di kota-kota besar. Yang menjadi pertanyaan, dimana peran dunia pendidikan sekolah mauun kampus dalam melihat fenomena seperti ini?. Jika sekolah merupkan tempat pembelajaran moral dan etika kenapa situasi ini kerap terjadi bahakan sampai nyawa orang, sungguh tragis. Tidak heran jika ada yang mengatakan bahwa sekolah bukan agi untuk mengajarkan manusia untuk menjadi pintar dan cerdas tetapi mengajarkan manusiamenjadi semakin bodoh dan tidak beretika. Sekolah sekarang sudah menjadi padepokan dunia persilatan dan sinoby-sinoby ninja yang haus akan membantai.

Selain itu banyak juga contoh-contoh etika dan moral yang telah hilang dri anak muda sekarang. Katakanlah seks bebas atau berhubungan badan sebelum menikah atau makking love, dahulu adalah hal yang tabu untuk dilakukan namun di zaman sekarang hal tersebut telah menjadi hal biasa di kalangan anak-anak muda khususnya dikalangan pelajar. Lebih parahnya bukan hanya pelajar SMA yang telah mengenal seks bebas namun SMP pun juga telah menjadi teman dari "SEKS BEBAS!".

Sungguh sangat memprihatinkan sekali. Ini semua terjadi karena telah lunturnya Etika, Moral dan Sopan santun generasi muda kita sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar